PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA MAN KOTA SOLOK

Suci, Indah Putri and Erman, Har (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI MIPA MAN KOTA SOLOK. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK DAN DAFTAR ISI.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar biologi antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Heads Together) dengan Pembelajaran konvesional siswa kelas XI MIPA MAN Kota Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yang terdiri atas 2 kelas masing-masing kelas memiliki jumlah 35 orang siswa dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang siswa yang terbagi atas kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penentuan kelas kontrol dan eksperimen dilakukan secara random dengan teknik pengumpulan data melalui pemberian posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada nilai rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) pada penilaian kognitif memiliki nilai rata-rata 73,14 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 42,86 %, sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional memiliki 67,14 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa 34,29 %. Pada penilaian dari aspek afektif, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 76,89% sedangkan nilai rata-rata pada kelas kontrol adalah 59,86%. Pada penilaian Psikomotorik, nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,71% sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 62,35 %. Berdasarkan Hasil perhitungan dengan SPSS versi 27 menggunakan uji Mann Whitney diperoleh hasil Asymp.Sig.(2-tailed) sebesar 0,097 < 0,05. Melalui data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan menggunakan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) dengan Model Pembelajaran Konvensional kelas XI MIPA MAN Kota Solok. Kata Kunci : NHT, Hasil Belajar, Biologi, Model Pembelajaran, Sistem Regulasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: PBIO FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2023 01:32
Last Modified: 31 Aug 2023 01:32
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15338

Actions (login required)

View Item View Item