Meningkatkan hasil Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Siswa Kelas II SDN 07 Gurun Laweh Kota Padang

Yoga, Gusdyanda and M., Nursi (2023) Meningkatkan hasil Pembelajaran PKn Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble pada Siswa Kelas II SDN 07 Gurun Laweh Kota Padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (224kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (472kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PKn MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA SISWA KELAS II SDN 07 GURUN LAWEH KOTA PADANG Yoga Gusdyanda1, M. Nursi2 1Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan Universitas Bung Hatta E-mail : ygusdyanda@gmail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pembelajaran PKn siswa kelas II dengan menggunakan model kooperatif tipe Scramble di SDN 07 Gurun Laweh Kota Padang pada tahun ajaran 2022/2023. Sebagai penelitian tindakan kelas (PTK), instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar aktivitas guru, lembar penilaian afektif, dan lembar tes hasil belajar. Prosedurnya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan pemahaman (C2) siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model kooperatif tipe Scramble, dimana pada Siklus I terjadi peningkatan dari 33,3% menjadi 71%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 83,5%. Sedangkan kemampuan kerjasama (A2) terjadi peningkatan dari 38% menjadi 57%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 70%. Dengan demikian jelaslah bahwa hasil pembelajaran PKn kelas II SDN 07 Gurun Laweh Kota Padang dapat ditingkatkan dengan menerapkan model kooperatif tipe Scramble. Kata Kunci: Hasil Pembelajaran, Pembelajaran PKn, dan Model Kooperatif Tipe Scramble.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 31 Aug 2023 02:41
Last Modified: 31 Aug 2023 02:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/15343

Actions (login required)

View Item View Item