PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD N 01 KOTO TUO KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Mutia, Three Astika and Hendra, Hidayat and Syafni, Gustina Sari (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD N 01 KOTO TUO KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (959kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (203kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 01 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas IV yang terdiri dari 2 kelas sehingga teknik pemilihan sampel menggunakan total sampling. Dalam penelitian yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas IV A sedangkan kelas kontrol IV B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 17.00. Hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together memiliki rata-rata hasil belajar 92,85 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 81,19 ,hasil uji hipotesis sebesar 0,002 atau < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara penerapan pembelajaran model Numbered Heads Together dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas IV SD N 01 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota. Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Model Numbered Heads Together, Hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 26 Sep 2023 07:13
Last Modified: 26 Sep 2023 07:13
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16595

Actions (login required)

View Item View Item