Mutia, Three Astika and Hendra, Hidayat and Syafni, Gustina Sari (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD N 01 KOTO TUO KABUPATEN LIMA PULUH KOTA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER- BAB I.pdf Download (959kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (203kB) | Preview |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPA siswa antara penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas IV SD Negeri 01 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian yang yaitu penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/siswi kelas IV yang terdiri dari 2 kelas sehingga teknik pemilihan sampel menggunakan total sampling. Dalam penelitian yang menjadi kelas eksperimen adalah kelas IV A sedangkan kelas kontrol IV B. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis dengan bantuan software SPSS versi 17.00. Hasil penelitian siswa yang menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together memiliki rata-rata hasil belajar 92,85 dan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 81,19 ,hasil uji hipotesis sebesar 0,002 atau < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPA siswa antara penerapan pembelajaran model Numbered Heads Together dengan penerapan pembelajaran konvensional di kelas IV SD N 01 Koto Tuo Kabupaten Lima Puluh Kota. Kata Kunci : Pembelajaran IPA, Model Numbered Heads Together, Hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 07:13 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 07:13 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16595 |
Actions (login required)
View Item |