PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 19 PASAR LABAN

VERNANDO, ADELWIN and Muhammad, Sahnan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 19 PASAR LABAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER- BAB I.pdf

Download (529kB)
[img] Text
BAB V- DP.pdf

Download (152kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD N 19 Pasar Laban. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,00 dan 72,40 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh thitung (3,26) > ttabel (1,70), maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Basel Learning terhadap hasil belajar IPS siswa. Untuk itu disarankan pada guru IPS untuk dapat menerapkan model Problem Based Learning dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci : Pembelajaran, Bentuk Pertanyaan, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:16
Last Modified: 02 Oct 2023 03:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16702

Actions (login required)

View Item View Item