VERNANDO, ADELWIN and Muhammad, Sahnan (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 19 PASAR LABAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
COVER- BAB I.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V- DP.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V di SD N 19 Pasar Laban. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Purposive. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80,00 dan 72,40 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh thitung (3,26) > ttabel (1,70), maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Basel Learning terhadap hasil belajar IPS siswa. Untuk itu disarankan pada guru IPS untuk dapat menerapkan model Problem Based Learning dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci : Pembelajaran, Bentuk Pertanyaan, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 03:16 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 03:16 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/16702 |
Actions (login required)
View Item |