MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN 55 AIR PACAH KOTA PADANG

Reska Agustin, Reska and Hendrizal, Hendrizal (2024) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PjBL (PROJECT BASED LEARNING) BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL DI SDN 55 AIR PACAH KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover dll.pdf

Download (773kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB)
[img] Text
RESKA AGUSTIN 20-201 SKIRPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarwanegaraan (PPKn) siswa kelas IV di SDN 55 Air Pacah, Kota Padang, di mana nilai mid semester hanya 11 orang siswa dengan persentase 42,39% yang menguasai materi pembelajaran PPKn. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn menggunakan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media audio visual di kelas IV SDN 55 Air Pacah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak II siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 55 Air Pacah yang berjumlah 26 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, lembar penilaian sikap siswa, dan tes akhir belajar siswa. Berdasarkan tes hasil belajar, ranah kognitif siswa aspek pengetahuan (C1) memperoleh persentase pada siklus I adalah 42,30% dan meningkat pada siklus II menjadi 76,92%, sedangkan aspek pemahaman (C2) memperoleh persentase pada siklus I adalah 50% dan meningkat pada siklus II menjadi 84,61%, selain itu dari ranah afektif kerja sama (A2) siswa pada siklus I memperoleh persentase 48,07% dan meningkat pada silus II menjadi 85,53%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran PPKn siswa kelas IV dapat ditingkatkan dengan menggunakan model PjBL berbantuan media audio visual di SDN 55 Air Pacah, Kota Padang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 01:24
Last Modified: 21 Mar 2024 01:24
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19080

Actions (login required)

View Item View Item