PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 ALAHAN PANJANG

Nada, Salsabilla and Wirnita, Wirnita (2024) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 ALAHAN PANJANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (713kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf

Download (157kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (8kB)
[img] Text
SKRIPSI NADA SALSABILLA FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterampilan menulis siswa di kelas IV SD Negeri 01 Alahan Panjang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks cerita peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan model problem based learning dengan media flash card di kelas IV SD Negeri 01 Alahan Panjang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Alahan Panjang, yang berjumlah 27 orang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi kegiatan peserta didik, dan lembar penilaian keterampilan menulis peserta didik. Persentase observasi aktivitas guru yang diperoleh pada siklus I, yaitu 66% dan meningkat pada siklus II dengan persentase yang diperoleh 91%. Rata-rata observasi aktivitas peserta didik pada siklus I, yaitu 64% kemudian meningkat pada siklus II dengan rata-rata 91%. Selain itu, ketuntasan hasil belajar keterampilan menulis peserta didik juga mengalami peningkatan. Pada siklus I persentasenya 66% dengan rata-rata hasil belajar 74,44, meningkat menjadi 91% pada siklus II dengan rata-rata hasil belajar 86,11. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model problem based learning dengan media flash card dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis teks cerita peserta didik IV SD Negeri 01 Alahan Panjang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 21 Mar 2024 06:38
Last Modified: 21 Mar 2024 06:38
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/19280

Actions (login required)

View Item View Item