PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG

Musdalia, Musdalia and Yulfia, Nora and M., Tamrin (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN IPS DI SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
26. MUSDALIA 1610013411015 COVER.pdf

Download (104kB)
[img] Text
26. MUSDALIA 1610013411015 abstrak.pdf

Download (92kB)
[img] Text
26. MUSDALIA 1610013411015 BAB I.pdf

Download (193kB)
[img] Text
26. MUSDALIA 1610013411015 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
26. MUSDALIA 1610013411015 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] Text
26. MUSDALIA 1610013411015 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Text
26. MUSDALIA 1610013411015 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (812kB)
[img] Text
26. MUSDALIA 1610013411015 DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 36 Gunung Sarik Kota Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan hasil belajar IPS siswa kelas IV yang menggunakan model auditory intellectually repetition lebih baik dari kelas sampel yang menggunakan model Konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDN 36 Gunung Sarik Kota Padang yang berjumlah 51 siswa. Dalam penelitian ini dijadikan kelas IV-A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol. Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Tes akhir menunjukkan nilai rata-rata IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition adalah sebesar 85 untuk kelas eksperimen dan 62 untuk kelas kontrol. Hasil analisis uji hipotesis pada taraf uji statistik (a=0,05) di peroleh t = 10,222 dan t tabel 1.676, atau dengan kata lain t hitung > t tabel, hitung maka hipotesis H diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran auditory intellectually repetition terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran IPS di SD Negeri 36 Gunung Sarik kota Padang. Sehingga hasil belajar di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition lebih baik dari pada hasil belajar IPS siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Model Pembelajaran AIR, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 15 Dec 2020 07:08
Last Modified: 15 Dec 2020 07:08
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2169

Actions (login required)

View Item View Item