Dovi Akerfa, Dovi and Yulfia, Nora (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DI SDN 032/XI SIMPANG TIGA RAWANG SUNGAI PENUH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER, PENGESAHAN, DAFTAR ISI, DAN BAB I.pdf Download (858kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (183kB) |
|
Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar dan kerja sama siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran inquiry pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 032/XI Simpang Tiga Rawang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang dan penelitian dilaksanakan pada semester genap 2023/2024. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian aktivitas guru, lembar penilian afektif Siswa dan lembar tes belajar Siswa. Pada hasil penelitian aktivitas guru diperoleh hasil pada siklus I sebanyak 68,5% sedangkan pada siklus II sebesar 86,35%. Persentase ketuntasan penilaian afektif Siswa pada siklus I yaitu 21,87% dengan rata-rata 60,93 sedangkan pada siklus II yaitu 62,50% dengan rata-rata 88,25. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I yaitu 37,50% dengan rata-rata 66,25 sedangkan pada siklus II dengan persentase rata-rata 87,5% dengan rata-rata 84,37 hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar yaitu 43,75%. Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada Siswa kelas IV SDN 032/XI Simpang Tiga Rawang Kota Sungai Penuh dapat meningkat melalui model pembelajaran inquiry.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 03:10 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 03:10 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22396 |
Actions (login required)
View Item |