UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DI SDN 032/XI SIMPANG TIGA RAWANG SUNGAI PENUH

Dovi Akerfa, Dovi and Yulfia, Nora (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL INQUIRY DI SDN 032/XI SIMPANG TIGA RAWANG SUNGAI PENUH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, PENGESAHAN, DAFTAR ISI, DAN BAB I.pdf

Download (858kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (183kB)
[img] Text
FULL TEKS SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatkan hasil belajar dan kerja sama siswa kelas IV dengan menggunakan model pembelajaran inquiry pada pembelajaran Pendidikan Pancasila di SDN 032/XI Simpang Tiga Rawang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang dan penelitian dilaksanakan pada semester genap 2023/2024. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar penilaian aktivitas guru, lembar penilian afektif Siswa dan lembar tes belajar Siswa. Pada hasil penelitian aktivitas guru diperoleh hasil pada siklus I sebanyak 68,5% sedangkan pada siklus II sebesar 86,35%. Persentase ketuntasan penilaian afektif Siswa pada siklus I yaitu 21,87% dengan rata-rata 60,93 sedangkan pada siklus II yaitu 62,50% dengan rata-rata 88,25. Persentase ketuntasan hasil belajar kognitif siswa pada siklus I yaitu 37,50% dengan rata-rata 66,25 sedangkan pada siklus II dengan persentase rata-rata 87,5% dengan rata-rata 84,37 hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan persentase hasil belajar yaitu 43,75%. Berdasarkan data-data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar pada Siswa kelas IV SDN 032/XI Simpang Tiga Rawang Kota Sungai Penuh dapat meningkat melalui model pembelajaran inquiry.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 06 Sep 2024 03:10
Last Modified: 06 Sep 2024 03:10
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22396

Actions (login required)

View Item View Item