Novfella Mandani, Novfella Mandani and Darwianis, Darwianis (2024) MENINGKATKAN HASIL PEMBELAJARAN PPKn SISWA KELAS IV MENGGUNAKAN MODEL PICTURE AND PICTURE DI SDN 32 BUNGO PASANG KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
File 1 Cover - daftar isi.pdf Download (1MB) |
|
Text
File 2 bab 1- bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
|
Text
File 3 bab 5 penutup.pdf Download (169kB) |
|
Text
File 4 daftar pustaka.pdf Download (290kB) |
|
Text
File 5 skripsi full.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PPKn dengan menggunakan model Picture and Picture di SDN 32 Bungo Pasang, Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahapan penelitian berupa perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan dalam II siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan diakhir siklus I dan II dilakukan tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar penilaian afektif kemampuan kerja sama siswa dan lembar tes hasil belajar. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I adalah 60,71% dengan nilai rata-rata 77,38%, sedangkan pada siklus II adalah 82,14% dengan nilai rata-rata 84,65%. Persentase kemampuan kerja sama siswa pada siklus I adalah 67,86% meningkat pada siklus II menjadi 83,92%. Dari hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar kognitif pengetahuan (C1) dan pemahaman (C2) dan hasil afektif (A2) kemampuan kerja sama siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 06:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 06:44 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/22717 |
Actions (login required)
View Item |