PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES KELAS III SD NEGERI 08 TANJUNG MEDAN PESISIR SELATAN

Tanti, Yulianti and NURHARMI, NURHARMI and Darwianis, Darwianis (2021) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR PKn DENGAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES KELAS III SD NEGERI 08 TANJUNG MEDAN PESISIR SELATAN. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
117. TANTI1310013411086 COVER.pdf

Download (20kB)
[img] Text
117. TANTI1310013411086 ABSTRAK.pdf

Download (181kB)
[img] Text
117. TANTI1310013411086 BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
117. TANTI1310013411086 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
117. TANTI1310013411086 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text
117. TANTI1310013411086 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
117. TANTI1310013411086 BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
117. TANTI1310013411086 Daftar pustaka.pdf

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen hasil belajar pada mata pelajaran PKn kelas III SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian menggunakan penelitian Research and Development. Instrumen hasil belajar dikembangkan dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi model 3D. Penelitian ini dilakukan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Pengumpulan data validitas Instrumen hasil belajar mata pelajaran PKn kelas III SD yang dikembangkan dan menggunakan angket yang divalidasi oleh ahli. Untuk praktikalitas instrumen hasil belajar dilakukan di sekolah oleh guru dan siswa. Hasil validasi instrumen hasil belajar pada mata pelajaran PKn kelas III SD berada pada kategori valid dengan persentase85%. Instrumen hasil belajar yang telah dikembangkan dikategorikan praktis oleh pendidik denganpersentase 77,08% dan dikategorikan sangat praktis oleh peserta didik dengan persentase95,8%. Instrumen hasil belajar pada mata pelajaran PKn kelas III SD yang dihasilkan sudah valid dan sangat praktis dapat digunakan dalam mata pelajaran PKn kelas III SD. Adapun saran peneliti yaitu instrumen hasil belajar pada mata pelajaran PKn kelas III SD yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai salah satu instrumen dalam proses pembelajaran di kelas. Kata Kunci: Pengembangan, Instrumen Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Erlya Wahyuni
Date Deposited: 08 Jan 2021 07:48
Last Modified: 08 Jan 2021 07:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/2475

Actions (login required)

View Item View Item