PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 23 AMPALU

Jeklin, Jeklin (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS COURSE REVIEW HORAY PADA MATERI DAUR HIDUP HEWAN UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI 23 AMPALU. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (32kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (132kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (49kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (660kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis course review horay pada materi daur hidup hewan untuk siswa kelas IV SD Negeri 23 Ampalu yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang dibatasi pada 3-D yaitu define, design, dan develop. Instrument penelitian meliputi lembar validasi dan angket praktikalitas (angket respon guru dan siswa). Validator angket terdiri dari 1 orang dosen validator materi, 1 orang dosen validator desain, dan 1 orang validator bahasa. Berdasarkan hasil penelitian, validasi modul yang dilakukan dari aspek materi IPA memperoleh penilaian 3,6 kategori valid, dari aspek desain memperoleh penilaian 3,33 kategori valid, dan dari aspek bahasa memperoleh penilaian 3,9 kategori valid. Dilihat dari rata-rata penilaian modul pembelajaran IPA berbasis course review horay pada materi daur hidup hewan memenuhi kategori sangat valid dengan rata-rata 3,61. Uji praktikalitas terdiri dari 1 orang guru dan 24 orang siswa, dari hasil pra ktikalitas oleh guru memperoleh presentasi hasil 84,33% dengan kategori praktis dan hasil praktikalitas oleh siswa diperoleh persentase 89% kategori praktis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis course review horay memenuhi kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di kelas IV SD, sehingga modul dapat digunakan secara mandiri. Kata Kunci: Pengembangan Modul, Course Review Horay, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:00
Last Modified: 27 Apr 2021 02:00
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3446

Actions (login required)

View Item View Item