PENGARUH KEMANDIRIAN SISWA MENGERJAKAN TUGAS RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SD NEGERI 32 MUARO PUTUIH KABUPATEN AGAM

Justi, Ratna Sari M. Nur (2021) PENGARUH KEMANDIRIAN SISWA MENGERJAKAN TUGAS RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DI SD NEGERI 32 MUARO PUTUIH KABUPATEN AGAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (169kB)
[img] Text
bab i-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (64kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (886kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemandirian belajar siswa dan hasil belajar siswa yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kemandirian belajar siswa mengerjakan tugas rumah terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V SDN 32 Muaro Putuih. Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 32 Muaro Putuih sebanyak 53 siswa, sedangkan Sampel diperoleh menggunakan rumus Yamane sehingga diperoleh sebanyak 47 orang siswa. Data penelitian diperoleh melalui angket yang dianalisis menggunakan bantuan program SPSS versi 18.00. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kemandirian belajar siswa mengerjakan tugas rumah terhadap hasil belajar IPS. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji t yaitu kemandirian belajar siswa mengerjakan tugas rumah dengan hasil belajar IPS diperoleh nilai t hitung sebesar 10,6 yang lebih besar dari nilai t tabel 2,01410 . Nilai signifikansi kemandirian belajar dengan hasil belajar sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 maka H O ditolak dan H a diterima. Hasil perhitungan koefisien determinasi kemandirian belajar siswa mengerjakan tugas rumah dengan hasil belajar sebesar 71,5%, artinya 71,5% hasil belajar IPS dipengaruhi oleh kemandirian belajar siswa mengerjakan tugas rumah dan 28,5% hasil belajar IPS dipengaruhi faktor lain. Kata kunci: Kemandirian belajar, tugas rumah, hasil belajar dan IPS

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 02:02
Last Modified: 27 Apr 2021 02:02
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3447

Actions (login required)

View Item View Item