PENGEMBANGAN MODUL DARING BERBASIS OPEN ENDED LEARNING MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SDN 17 PARAK KARAKAH PADANG

Vynia, Martarisha Putri (2021) PENGEMBANGAN MODUL DARING BERBASIS OPEN ENDED LEARNING MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR KELAS IV SDN 17 PARAK KARAKAH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (154kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (414kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (180kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (813kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul daring berbasis open ended learning yang valid dan praktis pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu : define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini model pengembangan dibatasi menjadi 3-D dengan tahapan yaitu : define, design, dan develop . Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2021/2022. Data dikumpulkan melalui angket validitas dan praktikalitas . Rancangan modul yang telah dirancang divalidasi oleh tiga ahli, sedangkan uji praktikalitas didapat dari respon pendidik dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Analisis data validitas menunjukkan bahwa modul daring yang dihasilkan dalam kategori sangat valid dengan persentase kevalidan 90,62%. Pada analisis data praktikalitas, diperoleh bahwa modul daring yang dihasilkan dalam kategori praktis dengan persentase 86,11% oleh pendidik, dan 91,11% oleh peserta didik dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul daring berbasis open ended learning pada materi keliling dan luas bangun datar memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi siswa kelas IV di Sekolah Dasar. Kata Kunci : Modul Daring, Open Ended Learning, Keliling dan Luas Bangun Datar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:27
Last Modified: 27 Apr 2021 03:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3471

Actions (login required)

View Item View Item