Zilvana, Helviyona (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS TEKA-TEKI SILANG UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
bab i.pdf Download (126kB) | Preview |
|
Text
bab ii-iv.pdf Restricted to Registered users only Download (868kB) |
||
|
Text
bab v.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis teka-teki silang pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Pada tahap validitas , modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada tahap praktikalitas modul di uji cobakan pada 1 orang guru dan 15 orang siswa. Persentase validitas modul oleh ahli materi yaitu 90% dengan kriteria sangan valid. Persentase validitas modul oleh ahli desain yaitu 84,61% dengan kriteria sangat valid. Persentase validitas modul oleh ahli bahasa yaitu 98,33% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validitas modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang untuk siswa kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 90,98%. Dan persentase praktikalitas modul oleh guru yaitu 98,4% dengan kriteria sangat praktis. Persentase praktikalitas modul oleh siswa yaitu 98,1% dengan kriteria sangat praktis. Hasil praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 98,25%. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang untuk siswa kelas V sekolah dasar sudah valid dan praktis digunakan sebagai sumber/bahan ajar pembelajaran IPS di kelas V di sekolah dasar. Kata kunci : Modul, Ilmu Pengetahuan Sosial, Teka-teki Silang
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Hermanto UBH |
Date Deposited: | 27 Apr 2021 03:29 |
Last Modified: | 27 Apr 2021 03:29 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3472 |
Actions (login required)
View Item |