PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS TEKA-TEKI SILANG UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Zilvana, Helviyona (2021) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS TEKA-TEKI SILANG UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (37kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (126kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (868kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (49kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (164kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis teka-teki silang pada pembelajaran IPS untuk siswa kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap pengembangan (development) yaitu tahap uji coba. Pada tahap validitas , modul divalidasi oleh 1 orang ahli materi, 1 orang ahli desain dan 1 orang ahli bahasa. Pada tahap praktikalitas modul di uji cobakan pada 1 orang guru dan 15 orang siswa. Persentase validitas modul oleh ahli materi yaitu 90% dengan kriteria sangan valid. Persentase validitas modul oleh ahli desain yaitu 84,61% dengan kriteria sangat valid. Persentase validitas modul oleh ahli bahasa yaitu 98,33% dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hasil validitas modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang untuk siswa kelas V sekolah dasar yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 90,98%. Dan persentase praktikalitas modul oleh guru yaitu 98,4% dengan kriteria sangat praktis. Persentase praktikalitas modul oleh siswa yaitu 98,1% dengan kriteria sangat praktis. Hasil praktikalitas memenuhi kriteria sangat praktis dengan presentase 98,25%. Jadi dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis teka-teki silang untuk siswa kelas V sekolah dasar sudah valid dan praktis digunakan sebagai sumber/bahan ajar pembelajaran IPS di kelas V di sekolah dasar. Kata kunci : Modul, Ilmu Pengetahuan Sosial, Teka-teki Silang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 27 Apr 2021 03:29
Last Modified: 27 Apr 2021 03:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3472

Actions (login required)

View Item View Item