KONTRIBUSI MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 11 TANJUNGPINANG

MAULIDA, MUSTADO and Yetty, Morelent and Hendra, Hidayat (2021) KONTRIBUSI MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMPN 11 TANJUNGPINANG. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (108kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (282kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (135kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (999kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (160kB)
[img] Text
TESIS MAULIDA MUSTADO.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar kontribusi motivasi belajar terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 11 Tanjungpinang, dan seberapa besar kontribusi minat baca terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 11 Tanjungpinang, serta mengukur seberapa besar kontribusi motivasi belajar dan minat baca secara bersama sama terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kela IV SMPN 11 Tanjungpinang. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan mengunakan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah sisswa kelas VII SMPN 11 Tanjungpinang. Analisis data penelitian ini menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment (PPM), uji korelasi ganda, uji F, uji t dan rumus koefisien determinan untuk mengetahui seberapa besar sumbangan variable bebas terhadap variabel terikat, baik secara sendiri-sendiri ataupun secara bersama-sama. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: Pertama, minat baca memberikan konrtibusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa sebesar 7,29% dan membuktikan mempunyai hubungan yang signifikan karena thitung> ttabel atau 6,81 > 1,49 dan koefisien korelasinya 0,27 artinya minat baca memiliki kontribusi terhadap kemampuan menulis teks deskripsi. Kedua hasil motivasi belajar memberikan konrtibusi terhadap keterampialn menulis teks deskripsi siswa sebesar 13,69% dan mempunyai hubungan yang signifikan karena thitung> ttabel atau 3,62 > 1,49. dan koefisien korelasinya 0,37 artinya motivasi memberikan kontribusi terhadap kemampuan menulis teks deskripsi. Ketiga, minat baca dan motivasi belajar secara bersama-sama memberikan konrtibusi terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa sebesar 14,28% dan mempunyai hubungan yang signifikan karena Fhitung> Ftabel atau 8,02 > 1,49 dan koefisien korelasinya 0,378. Minat baca memberikan kontribusi serta hubungan yang signifikan terhadap hasil menulis teks deskripsi siswa. Sedangkan, motivasi belajar memberikan kontribusi dan hubungan yang signifikan terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa. Kata Kunci: Kontribusi Minat Baca, Motivasi Belajar, dan Teks Deskripsi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 03 May 2021 06:56
Last Modified: 11 Jun 2021 04:16
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3606

Actions (login required)

View Item View Item