Novita, Sari. and Ineng, Naini and Hasnul, Fikri (2021) Pengaruh Teknik Penataan Gagasan (Group Sequencing) dan Minat Baca terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Teks Eksposis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Padang. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
abstrak.pdf Download (224kB) |
|
Text
bab i.pdf Download (249kB) |
|
Text
bab ii-iv.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
bab v.pdf Download (100kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (212kB) |
|
Text
cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta yang menunjukkan bahwa: (1) kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa rendah, (2) minat siswa untuk membaca rendah, (3) guru tidak memiliki pengetahuan tentang teknik-teknik pembelajaran membaca pemahaman teks eksposisi, dan (4) guru kurang bervariasi dalam penggunaan teknik pembelajaran membaca pemahaman teks eskposisi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh teknik penataan gagasan (group sequencing) dan minat baca terhadap kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang. Teori yang menjadi acuan pada penelitian ini adalah pendapat Dalman (2013), yang mengemukakan tentang minat baca, pendapat Rahim (2009) tentang kemampuan membaca pemahaman, dan pendapat Razak (2001), teknik penataan gagasan (group sequencing) . Jenis penlitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode quasi experiment. Desain penelitian ini adalah faktorial desain 2X2. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Padang yang terdaftar pada tahun pelajaran 2019/2020, dengan jumlah 260 siswa. Pengambilan sampel berjumlah 57 siswa, dilakukan dengan cara simple random sampling dan didapatkan kelas VIII sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 29 siswa, dan kelas VIII 5 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 28 siswa . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket minat baca dan tes objektif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov. Pengujian hipotesis dilakukan dengan pengujian anova dua jalur. Hasil penelitian secara umum menunjukkan: (1) terdapat pengaruh yang singinifikan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi, pada kelompok eksperimen setelah diberikan pembelajaran menggunakan teknik penataan gagasan (group sequencing) dengan nilai sig sebesar 0,016 yang lebih kecil dari 0,05 (sig<0,05), (2) terdapat pengaruh yang singnifikan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi yang minat baca tinggi siswa, antara kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan teknik penataan gagasan (group sequencing) dengan kelompok kontrol dengan nilai sig sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (sig<0,05), (3) terdapat pengaruh singnifikan kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi yang minat baca rendah siswa, antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol dengan nilai sig sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05 (sig<0,05), (4) tidak terdapat pengaruh antara teknik penataan gagasan (group sequncing) dengan minat baca dalam mempengaruhi hasil belajar kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi dengan nilai sig sebesar 0,895 yang lebih besar dari 0,05 (sig>0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki minat baca tinggi dan rendah bisa diajarkan dengan menggunakan teknik penataan gagasan (group sequencing). 6 Kata kunci: teknik penataan gagasan (group sequncing), minat baca, kemampuan membaca pemahaman teks eksposisi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Hermanto Hermanto |
Date Deposited: | 03 May 2021 06:59 |
Last Modified: | 11 Jun 2021 04:17 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/3607 |
Actions (login required)
View Item |