PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SOLOK SELATAN

Rosma, Diana (2021) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 SOLOK SELATAN. Masters thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (340kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (559kB)
[img] Text
bab ii-iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (815kB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (126kB)
[img] Text
cover.pdf

Download (268kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (242kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi dengan menggunakan model discovery learning dan motivasi belajar dengan metode konvensional di kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan. Teori yang menjadi acuan dalam penelitian ini adalah pendapat Suryosubroto (2002) mengemukakan tentang model discovery learning, pendapat Priyatni, dkk (2014) tentang eksposisi, dan pendapat Sardiman (2008) tentang motivasi belajar. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain eksperimen faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 4 Solok Selatan dengan jumlah populasi 212 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling dengan jumlah sampel 56 orang siswa. Variabel penelitian yaitu variabel bebas, variabel terikat, dan variabel moderator. Instrumen penelitian adalah angket dan tes unjuk kerja. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan dua instrumen, yaitu angket motivasi belajar dan tes unjuk kerja. Data dalam penelitian ini adalah skor angket motivasi belajar dan hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Prosedur penelitian terdiri dari tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap penilaian. Teknik analisis data dikelompokkan menjadi dua yaitu angket motivasi belajar dan tes keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan: (1) terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa pada kelompok eksperimen setelah diberikan pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < -5,292 (lihat lampiran hlm. 181), (2) terdapat perbedaan keterampilan menulis teks eksposisi siswa pada kelompok kontrol setelah pembelajaran dengan metode konvensional dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < -3,742 (lihat lampiran hlm. 182), (3) terdapat perbedaan keterampilan menulis teks eksposisi siswa antara kelompok eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan model discovery learning dengan kelompok kontrol yang diberikan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konvensional dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 2,359 (lihat lampiran hlm. 183) dan (4) tidak terdapat interaksi antara model discovery learning dengan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,401 (lihat lampiran hlm. 183). Berdasarkan hasil uji hipotesis dalam penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi maupun rendah bisa diajar dengan menggunakan model discovery learning discovery learning. Keyword: keterampilan menulis teks ekposisi, motivasi belajar, discovery learning, Konvensional

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Hermanto Hermanto
Date Deposited: 10 Jun 2021 02:41
Last Modified: 10 Jun 2021 02:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/4095

Actions (login required)

View Item View Item