Hanifa Rahmah, Hanifa (2021) PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA PENGGUNAAN GEOGEBRA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMPN 2 KECAMATAN GUNUANG OMEH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf Download (550kB) |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (470kB) |
|
Text
BAB V PENUTUP.pdf Download (195kB) |
|
Text
FULLTEKS SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kesulitan dalam memahami materi pelajaran lingkaran serta minat belajar siswa kelas VIII yang ditandai dengan siswa malas dan bosan saat pembelajaran berlangsung. Kemudian belum terdapat pemanfaatan dan peran media pembelajaran sebagai penunjang keberhasilan dan ketercapaian tujuan pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan persepsi siswa tentang penggunaan GeoGebra terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran lingkaran di kelas VIII. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Instrumen penelitian yaitu angket dan wawancara dengan subjek penelitian siswa kelas VIII1 yang berjumlah 16 orang. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa termasuk pada kategori kuat dengan perolehan pada indikator perasaan senang memperoleh 75,39%, untuk indikator ketertarikan dan perhatian sama-sama memperoleh 76,56%. Pada indikator keterlibatan memperoleh 75%. Kemudian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan GeoGebra terhadap minat belajar siswa yang diperoleh pada bentuk hubungan antara penggunaan GeoGebra (X) dengan minat belajar (Y) adalah berarti dan linear. Ditunjukkan oleh nilai Fhitung (0,01332) < Ftabel (4,60) pada baris residu dan Fhitung (-11,291287) < Ftabel (4,78) pada baris tuna cocok. Selanjutnya pada regresi diperoleh persamaan Ŷ = 0,8166 + 0,7780x hal ini menunjukkan bahwa setiap kenaikan satu unit penggunaan GeoGebra (X) dapat menyebabkan kenaikan minat belajar (Y) sebesar 0,7780 pada konstanta 0,8166. Pada hasil wawancara sebanyak lima orang siswa diperoleh bahwa tercapainya indikator minat belajar, yaitu pada indikator pemahaman, perasaan senang, dan ketertarikan. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pihak sekolah terutama guru untuk dapat menjadikan bahan masukkan dan sebagai salah satu acuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika. Kata Kunci: Persepsi penggunaan GeoGebra, Minat Belajar Siswa, Regresi Linier
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | PMAT FKIP |
Date Deposited: | 31 Aug 2021 06:34 |
Last Modified: | 31 Aug 2021 06:34 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/6135 |
Actions (login required)
View Item |