PENGEMBANGAN E-MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 8 ULAK KARANG SELATAN PADANG

Felli, Zul Afriani and Marsis, Marsis (2022) PENGEMBANGAN E-MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 8 ULAK KARANG SELATAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI.pdf

Download (694kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (245kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (226kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (344kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, sehingga kurang termotivasinya siswa dalam pembelajaran. Maka dari itu tujuan penelitian untuk menghasilkan e-media pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 8 Ulak Karang Selatan, Padang yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, development, and disseminate, yang dibatasi hanya sampai tahap development (3D) dengan alasan keterbatasan waktu pada penelitian disseminate. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SDN 8 Ulak Karang Selatan, Padang dan untuk uji efektivitas dilakukan melalui hasil tes evaluasi siswa kelas IV SDN 8 Ulak Karang Selatan, Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai persentase 91,75%, baik dari aspek materi 93,18%, aspek desain 93,75%, dan aspek bahasa 88,33%. E-Media yang dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan persentase 99,10%. Serta dikategorikan praktis oleh siswa dengan persentase 99,10%. Hasil penelitian pada uji efektif mendapatkan persentase 94,44% dengan kategori efektif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan e-media pembelajaran macromedia flash berbasis contextual teaching and learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 8 Ulak karang Selatan, Padang yang dihasilkan sangat valid, praktis, dan efektif sehingga sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:01
Last Modified: 01 Aug 2022 02:01
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8805

Actions (login required)

View Item View Item