Felli, Zul Afriani and Marsis, Marsis (2022) PENGEMBANGAN E-MEDIA PEMBELAJARAN MACROMEDIA FLASH BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SDN 8 ULAK KARANG SELATAN PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI.pdf Download (694kB) |
|
Text
BAB PENDAHULUAN.pdf Download (245kB) |
|
Text
BAB PENUTUP.pdf Download (226kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (344kB) |
|
Text
SKRIPSI FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media dalam proses pembelajaran, sehingga kurang termotivasinya siswa dalam pembelajaran. Maka dari itu tujuan penelitian untuk menghasilkan e-media pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Contextual Teaching and Learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 8 Ulak Karang Selatan, Padang yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, development, and disseminate, yang dibatasi hanya sampai tahap development (3D) dengan alasan keterbatasan waktu pada penelitian disseminate. Validator angket validitas dilakukan oleh 3 orang dosen ahli, untuk uji praktikalitas dilakukan pada guru dan siswa kelas IV SDN 8 Ulak Karang Selatan, Padang dan untuk uji efektivitas dilakukan melalui hasil tes evaluasi siswa kelas IV SDN 8 Ulak Karang Selatan, Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-media yang dihasilkan dikategorikan sangat valid oleh validator dengan nilai persentase 91,75%, baik dari aspek materi 93,18%, aspek desain 93,75%, dan aspek bahasa 88,33%. E-Media yang dikategorikan sangat praktis oleh guru dengan persentase 99,10%. Serta dikategorikan praktis oleh siswa dengan persentase 99,10%. Hasil penelitian pada uji efektif mendapatkan persentase 94,44% dengan kategori efektif. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pengembangan e-media pembelajaran macromedia flash berbasis contextual teaching and learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN 8 Ulak karang Selatan, Padang yang dihasilkan sangat valid, praktis, dan efektif sehingga sudah dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas IV SD.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 02:01 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 02:01 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8805 |
Actions (login required)
View Item |