PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS SCRAMBLE UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR

Mira, Handika and Yulvia, Nora (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPS BERBASIS SCRAMBLE UNTUK KELAS V SEKOLAH DASAR. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (439kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text
FULL TEXS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran berbasis scramble untuk kelas V SD Negeri 36 Gunung Sarik Padang yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) mengunakan model 3-D yaitu define, design, dan develop. Validasi dilakukan oleh 3 orang dosen validator, yaitu validator aspek materi, validator aspek bahasa dan validator aspek desain. Praktikalitas dilakukan oleh 1 orang pendidik dan 20 peserta didik kelas V SD. Dari hasil analisis validitas aspek materi 97,36%, aspek bahasa 90,62%, dan aspek desain 93,33%, diperoleh dengan rata-rata keseluruhan nilai validasi diperoleh sebesar 93,77% dengan kriteria sangat valid. Analisis data praktikalitas dari respon pendidik diperoleh sebesar 88,63% dan praktikalitas peserta didik diperoleh sebesar 92,04%, dengan rata-rata 90,33% dengan kriteria sangat praktis. Hal ini menunjukkan bahwa modul pembelajaran IPS berbasis scramble sudah sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar atau bahan ajar untuk peserta didik maupun pendidik. Kata Kunci. Pengembangan, Modul, Scramble

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 01 Aug 2022 02:15
Last Modified: 01 Aug 2022 02:15
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/8815

Actions (login required)

View Item View Item