PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS V SDN 06 KAMPUNG LAPAI KECEMATAN NANGGALO PADANG

Suci, Aunesia Martha and Darwianis, Darwianis (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PKn BERBASIS MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK KELAS V SDN 06 KAMPUNG LAPAI KECEMATAN NANGGALO PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (642kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB PENUTUP.pdf

Download (187kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (303kB)
[img] Text
SKRIPSI SUCI FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa modul pembelajaran PKn berbasis Model Contextual Teaching and Learning untuk kelas V SD yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap development dikarenakan keterbatasan waktu. Instrument penelitian ini meliputi angket validitas dan angket praktikalitas. Pada proses validasi, modul divalidasi oleh 3 orang dosen (ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain). Pada proses praktikalitas, modul diujicobakan oleh 1 orang guru dan 24 orang siswa. Data untuk validitas diperoleh dari hasil lembar validasi yang telah dinilai oleh validator ahli materi 78,18%, ahli bahasa 100%, dan ahli desain 96%, sehingga rata-rata keseluruhan nilai validitas dari tiga orang dosen ahli 91,39% dengan kriteria sangat valid. Data untuk praktikalitas diperoleh dari lembar praktikalitas (angket respon guru & siswa) yang mendapatkan nilai praktikalitas oleh guru 80% dan praktikalitas oleh siswa 88,08%, sehingga rata-rata praktikalitas oleh guru dan siswa 84,04% dengan kriteria praktis. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran PKn berbasis model Contextual Teaching and Learning sangat valid dan praktis digunakan sebagai salah satu modul pembelajaran di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:05
Last Modified: 04 Aug 2022 02:05
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9196

Actions (login required)

View Item View Item