PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 7 KELAS V SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK PADANG

Suci, Handayani and Siska, Angreni (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA PEMBELAJARAN IPA TEMA 7 KELAS V SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
Cover, Halaman Pengesahan, Abstrak dan Daftar Isi.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB Pendahuluan.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB Penutup.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (194kB)
[img] Text
Full Teks Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah pengembangan 4-D, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Pada penelitian ini dibatasi sampai tahap develop. Pada tahap validasi instrumen penilaian berbasis HOTS divalidasi oleh 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli bahasa. Kemudian dilakukan analisis butir soal, yaitu validitas, indeks kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitas. Pada tahap praktikalitas instrumen penilaian berbasis HOTS di uji cobakan kepada 21 orang peserta didik kelas V SD dan 1 orang guru kelas V SD. Berdasarkan hasil validasi para ahli, instrumen penilaian berbasis HOTS pada pembelajaran IPA Tema 7 kelas V SD mendapatkan nilai rata-rata 0,91 dengan interprestasi validitas tinggi atau memenuhi kriteria sangat valid. Hasil praktikalitas instrumen penilaian berbasis HOTS pada pembelajaran IPA Tema 7 kelas V SD menghasilkan nilai rata-rata 93,37% dengan kriteria sangat praktis untuk digunakan oleh guru kelas dan peserta didik. Dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian berbasis HOTS pada pembelajaran IPA Tema 7 kelas V SD dinyatakan sangat valid dan sangat praktis sebagai alat ukur pengetahuan serta melatih kemampuan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik kelas V SD. Kata Kunci: Pengembangan Instrumen Penilaian, Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 01:54
Last Modified: 04 Aug 2022 01:54
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9200

Actions (login required)

View Item View Item