PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK PADANG

Riri, Andriani and Zulfa, Amrina (2022) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN PECAHAN KELAS V SD NEGERI 36 GUNUNG SARIK PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,ABSTRAK,DAFTAR ISI.pdf

Download (858kB)
[img] Text
BAB PENDAHUUAN.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB Penutup.pdf

Download (293kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (352kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI RIRI ANDRIANI (18-048).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa LKPD pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk kelas V SD Negeri 36 Gunung Sarik Padang yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model penelitian yang digunakan adalah tipe 4-D yaitu, define (pendefenisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan desseminate (penyebaran). Penelitian ini dibatasi sampai pada tahap development atau pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi, lembar praktikalitas (angket respon pendidik dan peserta didik), dan lembar efektifitas (soal pretest dan posttest). Dalam proses validasi, modul divalidasi oleh 1 ahli tampilan, 1 ahli materi, dan 1 ahli bahasa. Pada proses kepraktisan LKPD diuji cobakan oleh 1 pendidik dan 26 peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKPD dengan menggunakan model Problem Based Learning untuk kelas V menghasilkan LKPD yang memenuhi kriteria sangat valid dengan persentase 95,8%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan persentase 97,65, dan memenuhi kriteria keefektifan tinggi dengan rata-rata 0,73. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasisis Problem Based Learning pada pembelajaran matematika materi perkalian dan pembagian pecahan untuk kelas V SD memenuhi kriteria sangat valid, sangat praktis, dan keefektifan tinggi untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika khususnya bagi peserta didik kelas V di Sekolah Dasar. Kata kunci : LKPD, Pembelajaran Matematika, Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 04 Aug 2022 02:42
Last Modified: 04 Aug 2022 02:42
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9207

Actions (login required)

View Item View Item