PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 001 BANGKINANG KOTA, KABUPATEN KAMPAR, PROVINSI RIAU.

Ameliya, Andriani and Susi, Herawati (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR BERBASIS MIND MAPPING UNTUK SISWA KELAS IV SDN 001 BANGKINANG KOTA, KABUPATEN KAMPAR, PROVINSI RIAU. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
cover,halaman,daftar isi.pdf

Download (550kB)
[img] Text
pendahuluan.pdf

Download (409kB)
[img] Text
kesimpulan.pdf

Download (213kB)
[img] Text
SKRIPSI SELESAI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar berbasis mind mapping untuk kelas IV SDN 001 Bangkinang Kota, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Reseacrh and Development) dengan tipe 4-D yaitu define, design, development dan disseminate. Penelitian ini dibatasi hanya sampai 3-D yaitu define, design dan development Karena keterbatasnnya waktu. Penelitian ini dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2021/2022 dengan materi keliling dan luas bangun datar. Proses validasi modul divalidasi oleh 2 orang dosen ahli materi dan ahli desain. Pada proses praktikalitas modul di uji coba oleh 1 orang guru dan 18 orang siswa. Pada tahap validasi modul dengan metode mind mapping memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata persentase 94,265% dengan rincian pada aspek materi 92,70% dan aspek desain 95,83%. Pada tahap praktikalitas, modul dengan metode mind mapping ini termasuk kriteria sangat praktis dengan rata-rata persentase 97,78% dengan rincian angket respon guru 97,72% dan angket respon siswa 97,85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika materi keliling dan luas bangun datar berbasis mind mapping memenuhi kriteria sangat valid dan sangat praktis untuk digunakan sebagai salah satu bahan ajar dalam pembelajaran matematika terkhususnya untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci : Pengembangan, Modul, Matematika, Mind Mapping

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 05 Aug 2022 07:48
Last Modified: 05 Aug 2022 07:48
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9502

Actions (login required)

View Item View Item