ANALISIS KESALAHAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN 02 ULAK KARANG SELATAN ( STUDI KASUS)

Rahmat Illahi, Rahmat and Dr. Yetti Morelent, M.Hum, yetti (2022) ANALISIS KESALAHAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS 1 SDN 02 ULAK KARANG SELATAN ( STUDI KASUS). Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER dan hal pengesahan.pdf

Download (398kB)
[img] Text
BAB I pendahuluan.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB penutup.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
ilovepdf_merged (2).pdf
Restricted to Repository staff only until 15 October 2022.

Download (4MB)

Abstract

ANALISIS KESALAHAN MENULIS PERMULAAN KELAS I SDN 02 ULAK KARANG SELATAN Rahmat Illahi1, Yetty Morelent1 Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bung Hatta Email : rahmat210299@gmail.com ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1)mendeskripsikan kesalahan menulis permulaan pada peserta didik kelas I SDN 02 Ulak Karang Selatan, (2)mendeskripsikan cara mengatasi kesalahan menulis permulaan pada peserta didik kelas I SDN 02 Ulak Karang Selatan Tahun ajaran 2021/2022, (3)mendeskripsikan faktor penyebab kesalahan menulis permulaan pada peserta didik kelas I SDN 02 Ulak Karang Selatan.Teori utama yang digunakan pada penelitian ini adalah Sidiq dan Choiri (2019:3) penelitian kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan penemuan-penemuan yang tidak dapat dicapai dengan menggunakan prosedur statistik atau dengan cara kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat studi kasus, jumlah siswa di kelas sebanyak 16 siswa, subjek penelitian berjumlah 3 orang siswa, dan 2 orang informan yang terdiri dari guru dan orang tua siswa kelas I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: Observasi, wawancara, dan lembar identifikasi observasi/Angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah: reduksi data, penyajian data, veritifikasi data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa kesalahan menulis permulaan kelas I SDN 02 Ulak Karang Selatan siswa sebanyak 16 orang, 13 orang yang memenuhi nilai KKM mampu menulis permulaan Rata-rata nilai 13 orang yaitu 77% sampai 94%, Sedangkan 3 orang siswa lagi mengalami kesalahan menulis permulaan yaitu Rata – rata nilai 50% sampai 55%, jadi kesimpulannya yang tidak memenuhi nilai KKM mengalami kesalahan menulis permulaan di kelas I SDN 02 Ulak Karang Selatan adalah 3 orang siswa. Kesalahan guru dalam kesalahan menulis permulaan adalah guru hanya terfokus pada materi lalu hanya menyalinnya di buku. Cara guru dalam mengatasi kesalahan menulis permulaan adalah guru meminta bantuan bimbingan orang tua dirumah dalam membantu siswa menulis. Melakukan aktivitas menulis menggunakan papan tulis, spidol/kapur. Memberikan bantuan verbal kepada siswa berupa petunjuk seperti naik, turun, belok, dan lain-lain. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Menulis Permulaan, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 07 Aug 2022 02:33
Last Modified: 07 Aug 2022 02:34
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/9585

Actions (login required)

View Item View Item