adithia, rusli and Gusmaweti, Gusmaweti (2022) HUBUNGAN FAKTOR EKSTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA MAN 3 KOTA PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
HUBUNGAN FAKTOR EKSTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KELAS XI IPA MAN 3 KOTA PADANG.pdf Download (55kB) |
|
Text
II LATAR BELAKANG.pdf Download (157kB) |
|
Text
III PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
Text
IV FULL SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
FAKTOR EKSTERNAL PENYEBAB KESULITAN BELAJAR SISWA DAN HUBUNGANNYA TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DI KEAS XI IPA MAN 3 KOTA PADANG Adithia Rusli 1, Gusmaweti 1 Progam Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bung Hatta, Padang, Indnesia E-mail : rusliadithia@gmail.com Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor eksternal penyebab kesulitan belajar siswa dan pengaruhnya terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN 3 Kota Padang. Secara umum siswa mengalami kesulitan belajar karena beberapa faktor. Salah satu faktor yang mempengaruh adalah faktor eksternal, dimana faktor eksternal terdiri dari faktor keluarga, sekolah dan masyarakat. Faktor tersebut sangat berpengaruh terhadap hasi belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Penelitian dilaksanakan di MAN 3 Kota Padang. Sampel adalah seluruh siswa kelas XI IPA sebanyak 33 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan instrumen penelitian berupa angket yang sudah valid sebesar 3,38. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor eksternal kesulitan belajar siswa dari faktor kelurga diperoleh sebesar 2,42 dan sekolah 2,39, yaitu nilai interprestasi yang dicapai termasuk kategori tinggi, sedangkan faktor masyarakat 1,8 dengan kategori rendah. Faktor eksternal kesulitan belajar tertinggi adalah faktor keluarga. Terdapat hubungan yang signifikan faktor eksternal kesulitan belajar terhadap hasil belajar pada uji t 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ttabel (3,638>2,040), dimana Hi diterima Ho ditolak, artinya terdapat hubungan yang signifikan antara faktor eksternal penyebab kesulitan belajar dengan hasil belajar biologi siswa. Maka diharapkan untuk guru maupun orang tua agar dapat mengenal kesulitan belajar yang dimiliki siswa, sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar. Kata kunci: kesulitan belajar, hasil belajar, deskriptif kuantitatif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | PBIO FKIP |
Date Deposited: | 12 Aug 2022 04:00 |
Last Modified: | 12 Aug 2022 04:00 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10400 |
Actions (login required)
View Item |