PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION(CIRC)TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI SD N 24 PARUPUK TABING PADANG

Asriwan, Afyuli Yengki and Yetty, Morelent and M., Tamrin (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION(CIRC)TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS II DI SD N 24 PARUPUK TABING PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover, dll.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (252kB)
[img] Text
full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahuipengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition(CIRC)terhadap hasil belajar membaca pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas II di SDN 24 Parupuk Tabing, Padang. Penelitian menggunakan teori Huda (2014) tentang model pembelajaran CIRC, Susanto (2014) tentang hasil belajar, dan Tarigan (2013) tentang membaca.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen.Populasi penelitian adalah seluruh siswa SDN 24 Parupuk Tabing. Sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa kelas II yang berjumlah 62 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan rubrik penilaian dan tes akhirdengan butir soal yang berjumlah 20 soal.Uji hipotesis dilakukan dengan uji-t, karena data terdistribusi normal dan varians homogen. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa kelas eksperimen menggunakan model CIRCsebesar80,09 dan siswa kelas kontrol yang menggunakan metode ceramahsebesar 74,87 dengan taraf ujistatistik (α=0,05) ������ 8,28 � � ������2,00 dimana 8,28>2,00maka hipotesis kerja H1 diterima dan H0 ditolak. Dari perhitungan tersebut model CIRCdapatmempengaruhi proses pembelajaran, karena model CIRC mempunyai langkah-langkah yang mudah membuat siswa mampu bekerja sama dalam kelompok. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa dengan menggunakan model CIRC mampu mempengaruhi hasil belajar siswa secara optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 08 Feb 2023 07:57
Last Modified: 08 Feb 2023 07:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10706

Actions (login required)

View Item View Item