PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VSD ISLAM IBNU SYAM

Erdita, Devrianti Sikumbang and Zulfa, Amrina and Arlina, Yuza (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VSD ISLAM IBNU SYAM. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (272kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (197kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar Matematika siswa di kelas V SD Islam Ibnu Syam. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan rancangan Posttes-only control design.Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Islam Ibnu Syam yang terdaftar semester genap TA 2017/2018 dengan jumlah siswa 45 orang. Dengan teknik Total Sampling, maka sampel penelitian ini yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini adalah tes hasil belajar dengan soal berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes hasil akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut yaitu 71,9 dan 62,4. Ini artinya nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Berdasarkan Uji-t, diperoleh thitung= 2,267 dengan ttabel= 2,017, berarti thitung>ttabel.Dengan demikian H0 ditolak atau H1 diterima.Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranproblem solving berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Islam Ibnu Syam. Dengan demikian model pembelajaran Problem Solvingdiharapkan digunakan dalam proses pembelajaran untuk memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci :problem solving, hasil belajar Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:41
Last Modified: 10 Feb 2023 02:41
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10727

Actions (login required)

View Item View Item