HUBUNGAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 08 SURAU GADANG PADANG

Latifah, Zahroh and Hendra, Hidayat and Hidayati, Azkiya (2018) HUBUNGAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDN 08 SURAU GADANG PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (194kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi dan motivasi belajar siswa kelas V SDN 08 Surau Gadang Padang. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan prestasi dan motivasi belajar pada siswa kelas Vb SDN 08 Surau Gadang Padang. Populasi dalam penelitian ini adalah Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Vb SDN 08 Surau Gadang Padang yang berjumlah 26 siswa, sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari jumlah populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara prestasi dan motivasi belajar yang memiliki koefisien korelasi prestasi sebesar 0,007 yang terdapat dari hasil Sig. (2-tailed) N, diambil dari tabel Correlations dan koefisien korelasi motivasi sebesar 0,007 yang terdapat dari hasil Sig. (2-tailed) N, diambil dari tabel Correlations dan koefisien korelasi hasil belajar 0,373 yang terdapat dari hasil Sig. (2-tailed) N, diambil dari tabel Correlations. Hal ini berarti bahwa nilai probabilitas sebesar 0,373 Prestasi dan 0,007< 0,05 Motivasi taraf alpha <0,05, sehingga Ho ditolak dan HI diterima. Rata-rata Prestasi belajar 68,00 dan Ratarata Motivasi belajar 1.238 dan Rata-rata Hasil belajar 7,99. Harga probabilitas antara Prestasi (X1) dengan Hasil belajar (Y) sebesar0,545. Harga probabilitas antara Motivasi (X2) dengan Hasil belajar (Y) sebesar 0,373 dengan alpha 0,05. Ini berarti nilai probabilitas lebih kecil dari taraf alpha 0,05 sebagai pembanding Ho ditolak dan HI diterima. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat hubungan Prestasi (X1) dan Motivasi (X2) Terhadap Hasil Belajar (Y) Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa besar korelasi antara prestasi dan motivasi dan hubungan prestasi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar sangat berpengaruh. Kata Kunci : prestasi, motivasi terhadap hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:57
Last Modified: 10 Feb 2023 02:57
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10731

Actions (login required)

View Item View Item