NOVIA, TRIVANI and Wince, Hendri and rieke, alyusfitri (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 05 PETOK KEC. PANTI KAB. PASAMAN SUMATERA BARAT. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER, DLL.pdf Download (437kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (132kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (214kB) |
|
Text
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Examples non Examples terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 05 Petok kec. Panti kab. Pasaman Sumatera Barat, yang dilihat pada aspek kognitif yakni pengetahuan dan pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan populasi adalah semua siswa kelas V SDN 05 Petok Kec.Panti Kabupaten Pasaman. Hasil belajar yang diamati adalah ranah kognitif yang dilihat dari hasil tes akhir penelitian. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh dari penerapan model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 05 Petok. Setelah dilakukan dua kali tes terhadap kelas sampel terdapat perbandingan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 81,59 dan kelas control sebesar 70,57. Sedangkan pada uji t menunjukan bahwa t����� sebesar 3,523 dan t�� � sebesar 2,000, hal ini berarti thitung lebih besar dari ttabel sehingga H1 diterima dan dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 05 Petok kec. Panti kab. Pasaman Sumatera Barat. Kata kunci : model pembelajaran Examples non Examples hasil belajar IPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 10 Feb 2023 03:29 |
Last Modified: | 10 Feb 2023 03:29 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10736 |
Actions (login required)
View Item |