PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA SDNEGERI20DADO

Putri, Yulis and Wirnita, Eska and Zulfa, Amrina (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYINGTERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARANBAHASA INDONESIA SDNEGERI20DADO. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (324kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (208kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kurangnya minat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga berpegaruh terhadap hasil belajar.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Role Playing terhadap hasil belajar siswa kelasV pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SD N 20 Dadok Tunggul Hitam Padang. Pada penelitian ini adalah penerapan Role Playing menurutShoimin,teori yang digunakandalampenelitianiniadalahteoribelajardanpembelajaran yang dikemukakanolehpribadi,sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar Bahasa Indonesia. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 20 Dadok Tunggul Hitam Padang yang berjumlah 264 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN20 Dadok Tunggul Hitam Padang yang diambil menggunakan teknik random sampling. Data yang dikumpulkan dari hasil belajar Bahasa Indonesia siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-tes yang didahului dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaaan signifikan, kelas eksperimen dengan nilai ratarata 85,95dengan menerapkan model Role Playing dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 64,6 menerapkan model konvesional. Halini ditunjukan dengan hasil ttes pada taraf uji statistik (α= 0,05),yaitu thitung 7,33 > ttabel 0,84 dan KKM 75,00.Maka hipotesis H1diterima,berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan hasil belajar Bahasa Indonesia yang menggunakan model Role Playingbaik dari hasil belajar yang menggunakan pembelajaran konvensional pada meteri menggukapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain dramadi kelas V SDN 20 Dadok Tunggul Hitam. Kata Kunci : Model Role Playing, Hasil belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 10 Feb 2023 03:44
Last Modified: 10 Feb 2023 03:44
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10738

Actions (login required)

View Item View Item