PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 03 MALEPANG KECAMATAN BASA AMPEK BALAI TAPAN

Anggi, Novhamza Putra and Hendra, Hidayat and Darwianis, Darwianis (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN 03 MALEPANG KECAMATAN BASA AMPEK BALAI TAPAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
bab v, dp.pdf

Download (196kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN 03 Malepang Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Total Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 75,75 dengan ketuntasan 60% dan 75,25 dengan ketuntasan 60% pada kelas kontrol, terlihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh thitung (0,097) < ttabel (2,024), maka hipotesis ditolak. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN 03 Malepang Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. Untuk itu perlu perbaikan dalam menerapkan model pembelajaran yang lebih baik lagi, guna untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA, agar peneliti menjadi salah satu solusi dalam pembelajaran, dan bisa memilih model yang tepat dalam pembelajaran agar siswa bisa mengikuti pembelajaran dengan lebih baik lagi sesuai dengan model yang diterapkan. Kata Kunci : Snowball Throwing dan Hasil Belajar IPA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:51
Last Modified: 24 Feb 2023 03:51
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/10987

Actions (login required)

View Item View Item