PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 43 SUNGAI SAPIH PADANG

Gingga, Prananda and Herman, Har and DARWIANIS, DARWIANIS (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SDN 43 SUNGAI SAPIH PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (62kB)
[img] Text
FULL TEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran IPA siswa kelas V SDN 43 sungai sapih padang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling purposive. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80 dan 69,82 pada kelas kontrol, terlihat dari hasil analisis data yang telah dilakukan diperoleh thitung (3,286) > ttabel (1,674), maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hasil belajar IPA menggunakan model Student Teams Achievement Division siswa kelas V pada aspek kognitif SD Negeri 43 Sungai Sapih Padang. Untuk itu disarankan pada guru IPA untuk dapat menerapkan model Student Teams Achievement Division dalam proses Pembelajaran. Kata Kunci : Student Teams Achievement Division dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:19
Last Modified: 28 Feb 2023 02:19
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11000

Actions (login required)

View Item View Item