PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn DI SDN 43 SUNGAI SAPIH

Heru, Fandan and NURHARMI, NURHARMI and Yulfia, Nora (2018) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN PKn DI SDN 43 SUNGAI SAPIH. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover, dll.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (77kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada pembelajaran PKn di SDN 43 Sungai Sapih. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa sedangkan teknik analisis data dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 77,2 dan 70,20 pada kelas kontrol. Hasil analisis data diperoleh thitung (1,95) > ttabel (1,68), maka hipotesis diterima. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Basel Learning terhadap hasil belajar PKn siswa. Untuk itu disarankan pada guru PKn untuk dapat menerapkan model Problem Based Learning pada proses Pembelajaran. Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Hasil belajar, pembelajaran PK

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:29
Last Modified: 28 Feb 2023 02:29
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item View Item