PENGARUH MODEL PLANTED QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 32 MUARA AIR HAJI PESISIR SELATAN

Irma, Yuliza and Muhammad, Sahnan and Yulfia, Nora (2018) PENGARUH MODEL PLANTED QUESTION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPS DI SDN 32 MUARA AIR HAJI PESISIR SELATAN. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (223kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (206kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model planted question terhadap hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPS di SD Negeri 32 Muara Air Haji. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Variabel bebas pada penelitian ini adalah Model Planted Question, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar IPS. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 32 Muara Air Haji yang berjumlah 44 orang siswa. Sampel pada penelitian ini diambil melalui teknik sampling purposive yang menghasilkan dua kelas sampel yang terdiri atas satu kelas eksperimen yaitu kelas VA yang terdiri dari 24 orang siswa dan satu kelas lagi dijadikan kelas kontrol yaitu kelas VB yang terdiri atas 20 orang siswa. Data yang dikumpulkan berupa hasil belajar IPS siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes akhir. Pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh hasil belajar IPS antara kelas eksperimen yang menerapkan model Planted Question dan kelas kontrol dengan menerapkan metode pembelajaran konvensional. Hal ini ditunjukkan dengan hasil t-test yaitu thitung 2,12 > ttabel 1,68 pada taraf nyata signifikan 0,05. Hasil rata-rata nilai post test kelas eksperimen sebesar 85,83 lebih baik dari hasil rata-rata post test kelas kontrol yaitu 78 dan KKM 75. Kata Kunci: Planted Question, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 02:36
Last Modified: 28 Feb 2023 02:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11084

Actions (login required)

View Item View Item