Muhammd, Yusuf and Hendra, Hidayat and rieke, alyusfitri (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 01 Sungai Aur. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
COVER, DLL.pdf Download (417kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (131kB) |
|
Text
BAB V, DP.pdf Download (134kB) |
|
Text
FULL TEKS.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahya hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 01 Sungai Aur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model Make A Match di kelas V dalam pembelajaran konvesional SDN 01 Sungai Aur. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Insrumen yang digunakan berupa tes objektif sebanyak 20 soal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 01 Sungai Aur tahun pelajaran 2017/2018, sebanyak 54 orang siswa. Untuk menentukan distribusi data kedua kelas sampel dilakukan uji normalitas, pada kelas VA mempunyai � (����� )= 0,159, � (��� �) = 0,161, dan pada kelas VB mempunyai �� (����� ) = 0,89, �� (��� �) = 0,161, maka �(����� )>� (��� �). Ini artinya data kelas sampel berdistribusi normal. Berdasarkan uji normalitas tersebut maka analisis data pada penelitian ini digunakan statistik parametrik yaitu uji t dua sampel independen dan data yang digunakan posttest. Dapat diketahui thitung = 4,22 > ttabel = 2,00 dan �� diterima dengan α = 0,05. Disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan belajar IPA dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 03:12 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 03:12 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11101 |
Actions (login required)
View Item |