MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI SDN 04 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA

NELLI, HUDA and M., Nursi and Marsis, Marsis (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DI SDN 04 TIMPEH KABUPATEN DHARMASRAYA. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
COVER, DLL.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (134kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (200kB)
[img] Text
FULL TEKS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar di kelas V SDN 04 Timpeh, Kecamatan Timpeh, Kabupaten Dharmasraya peneliti memahami informasi tentang pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas belum efektif. Dalam pembelajaran guru terlihat menggunakan metode ceramah dan belum banyak melakukan tanya jawab dalam menggali dan membangun pengetahuan yang telah dimiliki oleh siswa. Guru juga tidak menggunakan media pembelajaran yang merupakan sarana untuk mengantarkan informasi pembelajaran dari guru kepada siswanya. Guru tidak terlalu menuntut siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran serta siswa tidak terfokus pada guru dan cenderung melakukan kegiatan yang tidak berhubungan dengan pembelajaran, seperti sibuk berbicara dengan teman sebangkunya.Peneliti juga memperoleh data bahwa rata-rata hasil ulangan harian siswa pada pembelajaran PKN masih rendah dan belum mencapai KKM yang telah ditetapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar dengan penerapan pendekatan konstruktivismepada siswa kelas V SDN 04 Timpeh Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 04 Timpeh Kabupaten Dharmasraya yang berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, tes hasil belajar. Berdasarkan analisis hasil penelitian yang diperoleh data hasil kognitif tingkat pemahaman siswa dalam pembelajaran PKn meningkat dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dengan nilai rata-rata pada siklus I 68,33 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,33 dengan persentase ketuntasan pada siklu I 55% menjadi 90% pada siklus II. Ranah afektif dengan indikator menyetujui pernyataan tentang bentuk-bentuk keputusan bersama meningkat dengan rata-rata persentase ketuntasan pada siklus I 45% menjadi 77,5% pada siklis II. Aspek psikomotor dengan indikator melaksanakan keputusan bersama pada siswa keas V SDN 04 Timpeh kabupaten Dharmasraya meningkat dengan persentase ketuntasan pada siklus I 46,6% menjadi 73,3% pada siklus II. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat memilih dan menggunakan pendekatan yang sesuai atau relevan dalam mengajar, di antaranya dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme. Kata kunci: hasil belajar, pembelajaran PKn pendekatan konstruktivisme

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:27
Last Modified: 28 Feb 2023 03:27
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11103

Actions (login required)

View Item View Item