PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL WORD SQUARE DI SDN 13 KOTO ALAM KECAMATAN PADANG GANTING KABUPATEN TANAH DATAR

Regid, Prawafdi and Syofiani, Syofiani and Yulfia, Nora (2018) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL WORD SQUARE DI SDN 13 KOTO ALAM KECAMATAN PADANG GANTING KABUPATEN TANAH DATAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
Cover, dll.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (152kB)
[img] Text
Full text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar membaca siswa. Guru selalu menggunakan metode ceramah yang diselingi dengan tanya jawab, sehingga siswa lebih banyak menjadi pendengar.Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan membaca dengan menggunakan model teka-teki silang. Teori yang dijadikan acuan adalah keterampilan membaca yang dikemukakan oleh Dalman (2013), model teka-teki silang menggunakan teori Istarani (2012). Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 13 Koto Alam Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar yang berjumlah 23 orang. Instrumen penelitian adalah lembar observasi guru, lembar penilaian membaca, dan tes akhir siklus. Hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan model teka-teki silang dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata persentase aktivitas guru mengalami peningkatan dari siklus I 66,67% meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Keterampilan membaca siswa siklus I dengan rata-rata hasil belajar membaca siswa yaitu 77,22 dengan presentase ketuntasan mencapai 62,62% mengalami peningkatan pada siklus II rata-rata menjadi 91,33 dengan presentase ketuntasan 94,44%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dengan demikian diharapkan model teka-teki silang, tidak hanya untuk bidang studi Bahasa Indonesia saja, tetapi hendaknya berguna juga untuk bidang studi lainnya seperti IPA, IPS, dan Matematika. Kata kunci : Keterampilan membaca , teka-teki silang, Bahasa Indonesia

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 03:58
Last Modified: 28 Feb 2023 03:58
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11112

Actions (login required)

View Item View Item