PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI SDN 12 MONGAN POULA MENTAWAI

Rinus, Parumba and Hendra, Hidayat and M., Tamrin (2018) PENINGKATAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI MODEL COOPERATIVE SCRIPT DI SDN 12 MONGAN POULA MENTAWAI. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.

[img] Text
cover, dll.pdf

Download (443kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB V, DP.pdf

Download (150kB)
[img] Text
full teks.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN 12 Mongan Poula, Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa kelas V pada pembelajaran IPA di SDN 12 Mongan Poula, Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Cooperative Script. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi partisipasi siswa, lembar observasi aktivitas guru. Berdasarkan hasil penelitian yang dilihat dari analisis lembar observasi partisipasi siswa diperoleh rata-rata persentase untuk indikator siswa bertanya siklus I yaitu 39,67%, meningkat pada siklus II menjadi 76,46%. Partisipasi siswa dalam menjawab pertanyaan pada siklus I 41,17%, meningkat pada siklus II menjadi 77,93%. Partisipasi siswa mengerjakan tugas kelompok tepat waktu pada siklus I 48,52%, meningkat pada siklus II menjadi 80,88%. Rata-rata nilai hasil belajar siklus I 64,70, dengan persentase ketuntasan belajar 41,17% dan rata-rata nilai hasil belajar siklus II 77,05 dengan persentase ketuntasan belajar 82,35%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Script dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V di SDN 12 Mongan Poula, Kecamatan Siberut Utara Kabupaten Kepulauan Mentawai dan peneliti menyarankan agar guru dapat menerapkan model Cooperative Script dalam pembelajaran IPA sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Kata Kunci: Partisipasi, IPA, dan Cooperative Script

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Heltree Ivatureza
Date Deposited: 28 Feb 2023 04:03
Last Modified: 28 Feb 2023 04:03
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11113

Actions (login required)

View Item View Item