Rudi, Anto Rasidt and Muhammad, Sahnan and M., Tamrin (2018) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR IPS KELAS V MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DI SDN 20 DADOK TUNGGUL HITAM PADANG. Diploma thesis, UNIVERSITAS BUNG HATTA.
Text
Cover, dll.pdf Download (202kB) |
|
Text
bab i.pdf Download (84kB) |
|
Text
bab v, dp.pdf Download (97kB) |
|
Text
full teks.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru pada saat pembelajaran dominan menggunakan metode ceramah dan kurangnya perhatian siswa terhadap materi pembelajaran, sehingga aktivitas belajar IPS siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas diskusi dan membuat ringkasan siswa kelas V pada pembelajaran IPS materi tentang Kenampakan Alam melalui metode Cooperative Scriptdi SDN 20 Dadok Tunggul Hitam Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen penelitian berupa lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar tes hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian dalam dua siklus menunjukkan adanya peningkatan Aktivitas Belajar IPS melalui metode. Cooperative ScriptAktivitas siswa dalam berdiskusi pada siklus I menjadi 45% dan mengalami peningkatan pada siklus II 82,05% dan aktivitas membuat ringkasan pada Siklus I yaitu 50% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 82,05%. Dapat disimpulkan, melalui metode Cooperative Scriptdapat meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas V. Peneliti menyarankan agar guru dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dalam mengajar, di antaranya dapat menggunakan metodeCooperative Script dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Heltree Ivatureza |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 04:08 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 04:08 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11114 |
Actions (login required)
View Item |