PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 12 SUNGAI SAPIH PADANG

Putri, Riska Nanda and Netti, Syukma (2023) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS V SD NEGERI 12 SUNGAI SAPIH PADANG. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER DLL RISKA NANDA PUTRI PGSD (19-134).pdf

Download (743kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN RISKA NANDA PUTRI PGSD (19-134).pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB V PENUTUP RISKA NANDA PUTRI PGSD (19-134).pdf

Download (24kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN RISKA NANDA PUTRI PGSD (19-134).pdf

Download (31kB)
[img] Text
SKRIPSI RISKA NANDA PUTRI (1910013411134).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SD Negeri 12 Sungai Sapih Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi dengan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika di kelas V SD Negeri 12 Sungai Sapih Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 orang siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar tes akhir siklus. Berdasarkan observasi guru diperoleh bahwa persentase guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I yaitu 74,03% dan meningkat pada siklus II menjadi 87,49%, sedangkan hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa diperoleh persentase kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada siklus I yaitu 27,27% (6 orang siswa) dan pada siklus II menjadi 54,54% (12 orang siswa). Hal ini berarti indikator keberhasilan dalam penelitian ini tercapai. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SD Negeri 12 Sungai Sapih Padang. Berdasarkan penelitian ini disarankan kepada guru agar dapat menggunakan model Problem Based Learning dalam pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada mata pelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 08 Mar 2023 04:09
Last Modified: 08 Mar 2023 04:09
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11890

Actions (login required)

View Item View Item