Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Asimilasi dan Akomodasi

Yogi, Agustin and Syukma, Netti (2023) Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Berdasarkan Teori Asimilasi dan Akomodasi. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN ATAU PERSETUJUAN.pdf

Download (197kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (16kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB PENDAHULUAN.pdf

Download (622kB)
[img] Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa masih terdapat kesulitan dan kesalahan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal matematika, ini terlihat dari bagaimana proses berpikir yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal. Proses berpikir menurut Piaget yaitu terjadi adaptasi pengalaman baru dengan skemata (skema-skema). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan Teori Asimilasi dan Akomodasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 40 PADANG di pilih secara purposive sampling. Subjek dalam penelitian ini yaitu 4 orang siswa yang telah menyelesaikan soal tes SPLDV dan dilanjutkan tahap wawancara, yang diambil dari 32 orang siswa yang mengikuti tes. Hasil penelitian yang ditemui mengenai proses berpikir siswa dalam menyelesaikan soal matematika berdasarkan teori asimilasi dan akomodasi didapat 4 tipe proses berpikir yaitu (1) Proses Berpikir Full Asimilasi, (2) Proses Berpikir diawali Asimilasi dan dilanjutkan Akomodasi, (3) Proses Berpikir yang diawali dengan Asimilasi yang memiliki Ketidaklengkapan Skema, (4) Proses Berpikir yang diawali dengan Asimilasi yang memiliki Ketidaksesuaian Skema

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: PMAT FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 04:36
Last Modified: 09 Mar 2023 04:36
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/11948

Actions (login required)

View Item View Item