Delvia, Sugesti and Darwianis, Darwianis (2023) Meningkatkan Hasil Pembelajaran PPKn Siswa Kelas IV B melalui Model Think Pair Share di SD Negeri 53 Kuranji Padang. Other thesis, Universitas Bung Hatta.
Text
91.pdf Download (803kB) |
|
Text
bab kesimpulan dan daftar pustaka.pdf Download (166kB) |
|
Text
full teks skripsi.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa pada pembelajaran PPKn siswa kelas IV B di SD Negeri 53 Kuranji kota Padang. Rendahnya hasil belajar siswa dari 24 orang siswanya, 50% memperoleh nilai di atas capaian pembelajaran. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model think pair share. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV B menggunakan model think pair share SD Negeri 53 Kuranji. Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas IV B melalui model think pair share di SD Negeri 53 Kuranji kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV B di SD Negeri 53 Kuranji yang berjumlah 24 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, catatan lapangan, tes hasil belajar siswa, dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan model think pair share menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa siklus I 56,25% meningkat menjadi 83,33% pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa siklus I 50% meningkat menjadi 83,33%. Dapat disimpulkan, dengan menggunakan model think pair share pada pembelajaran PPKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Pair Share, PPKn
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | PGSD FKIP |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 03:47 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 03:47 |
URI: | http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12005 |
Actions (login required)
View Item |