peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui media audio visual pada siswa kelas III SDN 04 kampung olo padang

afrilia, syafitri and Wirnita, Eska (2023) peningkatan kemampuan membaca pemahaman melalui media audio visual pada siswa kelas III SDN 04 kampung olo padang. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER, HALAMAN PENGESAHAN, ABSTRAK, DAFTAR ISI, BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (744kB)
[img] Text
KESIMPULAN SARAN, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (442kB)
[img] Text
SKRIPSI fiks terbaru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya kelas III di SDN 04 Kampung Olo Padang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas guru dan siswa melalui media audio visual pada siswa kelas III SDN 04 Kampung Olo Padang dan mendeskripsikan peningkatan nilai hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa melalui media audio visual pada siswa kelas III SDN 04 Kampung Olo Padang. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori oleh Ramli, (2012) tentang media audio visual, sedangkan teori Arikunto (2017) menjelaskan penelitian tindakan kelas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III. A SDN 04 Kampung Olo Padang, yang berjumlah 28 orang siswa. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa, dan tes hasil belajar. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan lembar aktivitas guru, lembar aktivitas siswa, dan tes hasil belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa rata-rata persentase aktivitas guru yaitu 66,66% pada siklus I meningkat menjadi 88,88% pada siklus II. Pada lembar observasi aktivitas siswa rata-rata persentasenya 53,33% pada siklus I meningkat menjadi 87,495% pada siklus II. Nilai tes hasil belajar siswa yang rata-rata nya 67,67 pada siklus I meningkat menjadi 84,64 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa dan meningkatkan nilai hasil belajar kemampuan membaca pemahaman siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:50
Last Modified: 09 Mar 2023 07:50
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12055

Actions (login required)

View Item View Item