PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA POWERPOINT PADA KELAS V SD NEGERI 09 GUMARANG KECAMATAN PALEMBAYAN AGAM

Anisa, Lasmi and Angreni, Siska (2023) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTU MULTIMEDIA POWERPOINT PADA KELAS V SD NEGERI 09 GUMARANG KECAMATAN PALEMBAYAN AGAM. Diploma thesis, Universitas Bung Hatta.

[img] Text
COVER.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa menggunakan model discovery learning berbantu multimedia powerpoint pada kelas V SDN Negeri 09 Gumarang Kecamatan Palembayan Agam. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas siswa, guru, dan lembar tes hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan pada setiap akhir siklus peneliti melakukan tes hasil belajar kepada siswa. Adapun subjek penelitian ini berjumlah 17 orang siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui hasil rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I 81,25%, sementara pada siklus II mencapai 85,30%. Sehingga terjadinya peningkatan sebesar 4,05%. Pada hasil belajar siswa diperoleh persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 70,59% dengan nilai rata-rata 68,71 meningkat menjadi 76,47% dengan nilai rata-rata 81,59 pada siklus II. Dari hasil penelitian ini di simpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar IPA siswa dapat ditingkatkan dengan model discovery learning berbantu multimedia powerpoint pada kelas V SD Negeri 09 Gumarang Kecamatan Palembayan Agam. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan model discovery learning berbantu multimedia powerpoint dengan memperhatikan setiap tahap model discovery learning dan waktu pelaksanaannya agar dapat berjalan efektif. Kata kunci: Ilmu pengetahuan alam, model discovery learning, multimedia powerpoint, aktivitas dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: PGSD FKIP
Date Deposited: 09 Mar 2023 07:53
Last Modified: 09 Mar 2023 07:53
URI: http://repo.bunghatta.ac.id/id/eprint/12078

Actions (login required)

View Item View Item